Campus Notes

Description of some of the material learned in college.

Abstrak tentang Diskusi  

Pengertian diskusi kita dapat ambil beberapa contoh dan dari beberapa sumber. Nah, dalam sebuah sember, diskusi atau "discuss" dalam Oxford Dictionary adalah pembicaraan yang dilakukan dengan tujuan untuk mencapai kesepakatan atau keputusan yang dapat dilakukan dengan berbicaraan atau menulis secara detail mengenai topik tertentu. Berdasarkan definisi kata diskusi diatas menunjukan diskusi tidak mengharuskan kita untuk tatap muka dan bertemu langsung dengan sesama pihak yang membahas topik tersebut.

Muncul pertanyaan dalam benak kita, Apa yang menjadi ciri khusus dari sebuah diskusi? Diskusi memiliki beberapa ciri khusus yang menjadikan sebuah pembicaraan tergolong sebuah diskusi. Pertama, diskusi hanya membahas satu topik khusus yang dikuasai semua pihak yang terlibat dalam pembahasan. Kedua, diskusi itu itu tidak mengharuskan pihak yang terlibat untuk tatap muka. Ketiga diskusi bertujuan untuk memecahkan masalah dari topik yang diambil.

Dari ciri kedua diskusi yang tidak mengharuskan pihak yang berdiskusi untuk bertatap muka, maka diskusi menuliki media penerapan yang sangat luas. Banyak sekali media untuk berdiskusi. email, messenger, artikel, dapat dijadikan media untuk berdiskusi.Diskusi menggiunakan email kita dapat berdiskusi dengan semua orang bahkan diseluruh dunia tidak terbats oleh ruang tidak danya itu saja dengan mengupas topik-topik yang dianggap penting kita dapat melakukan sebuah riset kecil-kecilan dengan mengetahui pendapat dan tanggapan yang diberikan dari semua orang yang ikut bergabung. Dan yang sekarang kita sering berdiskusi di sebuah situs-situs pertemanan.

Dengan melihat definisi tersebut kita dapat mengatakan bahwa diskusi itu mudah sekali dilakukan dimana saja kita berada.
Anggota diskusi adalah pihak yang terlibat dalam sebuah diskusi tidak terbatas, semua orang dapat terlibat dalam sebuah diskusi, asalkan mereka ingin bergabung dan memberikan komentar serta tanggapan mengenai topic yang sedang dibahas dalam pembicaraan diskusi tersebut. Maka dalam sebuah diskusi kita dapat menjumpai banyak sekali anggota atau pihak yang terlibat bias lebih dari ratusan orang hanya dalam satu topik saja.

Diskusi dapat dibagi menjadi dua, yaitu: diskusi formal dan diskusi nonformal. Diskusi kusi formal adalah sebuah diskusi yang dilakukan dengan teratur dan terencana biasanya diskusi ini dilakukan disebuah ruangan dan beranggotakan pihak-pihak yang berkepentingan saja. Sedangkan diskusi nonformal adalah diskusi yang dilakukan tidak teratur dan biasanya dilakukan atas dasar spontanitas pihak-pihak yang terlibat.Dalam praktek yang terjadi kita sering sekali memiliki melaksanakan diskusi. Dari membicarakantopik yang ringan hingga yang berat.

Bookmark this post:
Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google