Campus Notes

Description of some of the material learned in college.

prediksi uas pkn  

prediksi UAS pancasila.

soal

karena banyaknya desakakn dari eman2 temntang ini akhir na di bocorkan juga..
ingat ya..
jawaban disini belom tentu benar..jadi jangan dijimplak semua..oke


1.Jelaskan sistem ekonomi sosialis, kapitalis dan sistem ekonomi pancasila!
*Sistem ekonomi sosial adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar pada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi dengan campur tangan pemerintah dan Negara mengatur dan menguasai elemen yang bersangkutan dengan kepentingan orang banyak seperti air, listrik, telekomunikasi, dan tambang.
*Sistem ekonomi kapitalis adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian.dalam sitim ini pemerintah hanya ikut memastikan kelancaran perekonomian dan tidak ikut campur pada perekonomian tersebut.
*Sitem ekonomi pancasila adalah sistem ekonomi dimana hubungan ekonomi anatara prilaku-prilaku ekonomi berdasarkan etika atau moral pancasila dengan tujuan akhir mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

























2.a. Apakah yg dimaksud dengan pelaksanaan pancasila dan UUD 45 secara murni dan konsekuen?
melaksanakan pancasila dan UUD 45 secara murni dan konsukuen adalah melaksanakan hal-hal yang ada dalam pancasila dan uud 45 secara asli dan tidak menyimpang atas isi dari pancasila da uud 45 dan tetap tidak mengubah dari pancasila dan uud 45 itu sendiri.

b. Jelaskan pengertian orde baru, orde lama dan reformasi :
*Orde baru : suatu tata kehidupan baru dan sikap mental baru yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
*Orde lama : suatu orde atau tata kehidupan lama dalam kenegaraan di Indonesia pada masa pra G.30.s/PKI.
*Reformasi adalah suatu masa pemerintahan yang demokrasi dimana pemerintahan dimulai setelah turunnya presiden soeharto.


c. Sebutkan penyelewengan2 terhadap pancasila dan UUD 45 pada masa orde lama, baru dan reformasi!
Bentuk penyelewengan pancasila dan UUD 45:
a.Masa orde lama:
1.adanya pengangkatan presiden seumur hidup.
2.Adanya pengkiblatan perekonomian dan coloniallisme

b.Masa orde baru:
1.adanya pembengkakan pada media masa.
2.Centralisasi pembangunan.
3.Angkatan darat dianak duakan sebagai kaki tangan soeharto.
4.Adanya praktek golkarisasi.
5.Korupsi, kolusi, dan nepotisme.

c.Masa reformasi:
1.masih ada sisa orde baru.
2.Adanya KKN.

3.a. Apa yang dimaksud dengan restorasi Pancasila?
Restorasi pancasila adalah mengembalikan nilai-nilai pancasila kembali secara murni pada keaslian pancasila sesuai dengan awal mula pembentukan pancasila itu sendiri.

b. Jelaskan mistifikasi, ideologisasi pancasila di era Soeharto
*Mistifikasi maksudnya pancasila diibaratkan sebagai paham yang dikiaskan keadaannya di masa soehato pancasila disembunyikan dari keaslian sebenarnya.
*Dimana ideology sangat ditekan oleh soeharto, kemudian dia membuat pancasila itu jauh dari landasan pokok pancasila yang sebenarnya sehingga pancasila hanya dijadikan instrument politik.

4.Jelaskan hubungan antara pancasila dengan islam

*Pancasila sebagai dasar dan falsafah Negara Republik Indonesia bukanlah agama, tidak dapat menggantikan agama dan tidak dapat dipergunakan untuk menggantikan kedudukan agama.
*Sila "Ketuhanan Yang Maha Esa" sebagai dasar Negara Republik Indonesia menurut pasal 29 ayat 1 Undang Undang Dasar (UUD) 1945, yang menjiwai sila yang lain, mencerminkan tauhid menurut pengertian keimanan dalam Islam.
*Bagi Nahdlatul Ulama (NU) Islam adalah akidah dan syariah, meliputi aspek hubungan manusia dengan *Allah dan hubungan antara manusia.
Penerimaan dan pengamalan Pancasila merupakan perwujudan dari upaya umat Islam Indonesia untuk menjalankan syariat agamanya.
*Sebagai kondisi dari sikap di atas, NU berkewajiban mengamankan pengertian yang benar tentang Pancasila dan pengamalannya yang murni dan konsekwen oleh semua pihak.

Peringatan...
soal ini mungkin dapat berbeda dengan soal yang di dapatkan besok jadi jangan berharap soal ini sama percis dengn uas besok?

Bookmark this post:
Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google